Minggu, 22 Januari 2012

30 Buku yang Wajib Dibaca Sebelum Berumur 30 Tahun



Halo Semua,


Sebenarnya banyak sih buku yang sudah saya baca, tapi kenapa ngga ada satupun judul di bawah ini y
ang sudah saya baca yah? :( Cuma Lord of the ring, itu juga karena ada filmnya.
Lumayan deh ada referensi buku bagus, jadi ngga salah beli kalau isinya biasa aja :)

Sudahkah kamu membaca buku hari ini?

Tapi kenapa mesti 30? Karena pada usia segitu (konon katanya) kepribadian sejati kita perlahan mulai terbentuk. So, nggak ada salahnya nih untuk mengisi memori kita dengan hal-hal bermanfaat dan menambah wawasan dari buku-buku dan novel keren di bawah ini:

1. Siddhartha oleh Hermann Hesse
Buku ini berkisah tentang pentingnya pengalaman hidup yang berkaitan dengan pendekatan pemahaman realitas dan pencerahan.

2. 1984 oleh George Orwell
1984 masih relevan meski udah ditulis sejak 60an tahun yang lalu (pertama ditulis tahun 1949). Berkisah tentang manipulasi pemerintahan. Wajib baca.

3. To Kill a Mockingbird oleh Harper Lee
Bercerita tentang isu ras dan kelas ekonomi yang kontroversial banget di Deep South tahun 1930-an. Lewat kasus pengadilan seorang pria kulit hitam yang didakwa melakukan pemerkosaan pada gadis kulit putih, novel ini mengajarkan kita untuk berjuang melawan prasangka demi keadilan!

4. A Clockwork Orange oleh Anthony Burgess
Visualisasi mimpi buruk yang menggambarkan keadaan memilukan dalam kehidupan seorang remaja sakit jiwa. Nggak sesaui sama judulnya, novel ini justru bakal bikin kamu merinding selama membacanya!

5. From Whom The Bell Tolls oleh Ernest Hemingway
Sebuah kontemplasi kematian, ideologi, dan kebrutalan pada zaman perang.

6. War and Peace oleh Leo Tolstoy
Yang jelas ini bukan novel standar! Novel ini menggambarkan masyarakat Rusia pada era Napoleon, setelah karakter Andrei, Pierre dan Natasha ... dan cara yang tragis dan tak terduga di mana kehidupan mereka saling terhubung.

7. The Rights of Man oleh Tom Paine
Ditulis pada era Revolusi Prancis, ini adalah salah satu buku yang pertama kali memperkenalkan konsep hak asasi manusia dari sudut pandang demokrasi. Keren!

8. The Social Contract oleh Jean-Jacques Rousseau
Sebuah kutipan terkenal dari buku ini menyatakan bahwa "Man is born free, and everywhere he is in chains". Buku ini merangkum secara akurat posisi utama pentingnya hak-hak individu dalam masyarakat.

9. One Hundred Years of Solitude oleh Gabriel García Márquez
Novel ini nggak punya plot dalam pengertian konvensional, tetapi memakai berbagai narasi untuk menggambarkan pesan tentang pentingnya mengingat sejarah budaya kita.

10. The Origin of Species oleh Charles Darwin
Buku ini merubah cara pandang manusia terhadap asal-usul nenek moyang mereka. Bahkan di bangku sekolah buku ini masih sering dijadikan rujukan pelajaran IPA, meski kontroversial karena bertentangan banget dengan ajaran agama! Oh, ya, sebelum menelan bulat-bulat dan men-judge isi buku ini jangan lupa untuk mempelajari latar-belakang sejarah saat buku ini ditulis, ya. Penting bangeet...

Apa buku kesukaanmu ada di daftar di bawah ini? Check this out!

11. The Wisdom of The Desert oleh Thomas Merton
Sebuah kumpulan hasil pemikiran, meditasi, dan refleksi yang memberikan wawasan bagaimana hidup sederhana dan apa-adanya, diatur oleh kekuatan yang lebih besar dari diri kita. Super sekali.

12. The Tipping Point oleh Malcolm Gladwell
Lewat bukunya, Gladwell melihat betapa sebuah ide kecil maupun konsep produk bisa menyebar sedemikian rupa seperti virus dan membuat perubahan sosial global.

13. Wind in the Willows oleh Kenneth Graham
Konon katanya ini adalah salah satu buku anak-anak terbaik di dunia! Novel ini mengajarkan tentang bagaimana menghargai hal-hal sederhana dalam hidup. Ada campuran kisah lucu, mistisisme, petualangan, persahabatan, dan rasa kemanusiaan. Duh, dalem banget, deh.

14. The Art of War oleh Sun Tzu
Salah satu buku tertua di dunia tentang strategi militer dan masih dijadikan rujukan sampai sekarang! Yang suka dunia politik wajib baca buku ini

15. The Lord of the Rings oleh J.R.R. Tolkien
Wah, pasti tau dooong? Ini adalah salah satu cerita fiksi terdahsyat (hehe lebuay), dan sejauh ini menjadi salah satu karya literatur terpopuler serta berpengaruh di abad ke-20. Ada filmnya jugaa!

16. David Copperfield karya Charles Dickens
Ini adalah kisah yang berfokus pada topik kehidupan emosional dan moral seseorang. Dickens menyatakan bahwa kita harus belajar untuk melawan "the first mistaken impulse of the undisciplined heart.."

17. Empat Quartets oleh T.S. Eliot
Hmm.. Mungkin ini adalah prosa puitis paling bijak di zaman modern. FYI, Four Quartets ditulis selama Perang Dunia II, dan sampai hari ini masih dianggap relevan! Kutipan favoritnya: The dove descending breaks the air/With flame of incandescent terror/Of which the tongues declare/The only discharge from sin and error/The only hope, or the despair/Lies in the choice of pyre or pyre–/To be redeemed from fire by fire./Who then devised this torment?/Love/Love is the unfamiliar Name/Behind the hands that wave/The intolerable shirt of flame/Which human power cannot remove./We only live, only suspire/Consumed by either fire or fire.

18. Catch-22 oleh Joseph Heller
Buku ini menggunakan istilah "Catch-22" yang banyak dipakai pada dialog era modern. Pesannya jelas: yang biasanya tampak bagus, mungkin sebenarnya jelek. Hal yang tampak masuk akal, mungkin sebenarnya cuma omong kosong! Ini salah satu karya sastra terbesar dari abad ke-20! Wajib bacaaa..

19. The Great Gatsby karya F. Scott Fitzgerald
Mengambil latar belakang era musik Jazz, buku ini membongkar sebuah kisah tentang American’s dream.

20. The Catcher in the Rye oleh JD Salinger
Novel ini menjadi ikon yang menggambarkan dinamika remaja. Berkisah tentang kegelisahan, pemberontakan, dan pola pikir remaja yang tak terduga.

21. Crime and Punishment oleh Fyodor Dostoyevsky
Novel ini berkisah tentang seorang pemuda miskin yang terjebak dalam tindak kriminal dan tergiur harta! Dampak psikologisnya gede banget dan berpengaruh terhadap lingkungan di sekitarnya. Cukup menarik, kok.

22. The Prince oleh Niccolo Machiavelli
Buku ini menggambarkan situasi kekuasaan dan kenegarawanan. Dari kekuasaan politik dan korporasi perjuangan untuk mencapai kemajuan, Machiavelli mengamati secara jelas pengaruh dan otoritas terhadap orang lain.

23. Walden oleh Henry David Thoreau
Thoreau menghabiskan waktu dua tahun, dua bulan, dan dua hari untuk menulis buku ini di sebuah pondok terpencil tepi Walden Pond Concord, Massachusetts. Buku ini menceritakan kebebasan individu dari tekanan masyarakat.

24. The Republic oleh Plato
Sebuah karya dari filsuf terkemuka tentang bagaimana menjalani kehidupan, melayani keadilan, dan bagaimana seorang pemimpin harus memimpin. Ini juga menjadi dasar pemahaman dari teori politik Barat, loh. Anak politik wajib baca!

25. Lolita
Ini novel kontroversial abad ke-21!! Lolita bukan cuma bercerita tentang pedofilia, tapi juga cinta dan berbagai perasaan lain yang bertentangan dalam hidup... dan membuat kamu mempertanyakan persepsi dirimu masing-masing. Baca novel ini bikin kamu merinding campur terharu-biru~

26. Getting Things Done oleh David Allen
Ini bisa jadi pedoman simpel untuk mengatur kehidupanmu dan mengembangkan diri dalam hubungan antarpribadi.

27. Lord of the Flies oleh William Golding
Buku ini mengisahkan kekejaman dalam lingkungan tanpa hukum, di mana akal manusia berganti dengan aksi anarkis.

28. The Grapes of Wrath oleh John Steinbeck
Buku ini berkisah tentang kelangsungan hidup keluarga pengungsi putus asa yang mencari pekerjaan di negara yang terjebak dalam depresi sosial

29. The Master and Margarita oleh Mikhail Bulgakov
Ini karya antikomunis sekaligus sebuah novel multifaset tentang ‘pertempuran’ antara kebaikan dan kejahatan.

30. Honeymoon with My Brother oleh Franz Wisner
Franz Wisner punya segalanya... pekerjaan yang mapan dan tunangan yang cantik. Hidupnya sempurna. Tapi kemudian tunangannya mencampakkannya sehari sebelum pernikahan mereka, dan bosnya memecatnya! So, dia menyeret adiknya ke Kosta Rika untuk berbulan madu yang sudah dijadwalkan dan mereka tidak pernah kembali. Mereka berkeliling dunia selama dua tahun penuh!! Novel ini bagus.. penuh petualangan yang tulus tentang kehidupan, hubungan, dan penemuan diri.

Semoga list ini bermanfaat

Ayo manfaatkan waktu luang untuk membaca. Mumpung masih muda dan mata masih sehat


Sumber: Marc and Angel Hack Life 


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 comments:

Poskan Komentar